Cara Membuat Manipulasi Foto Air Surreal pada Adobe Photoshop CS6

 Sumber : Cara Membuat Manipulasi Foto Air Surreal pada Adobe Photoshop | Envato Tuts+ (tutsplus.com)


How to Create Surreal Water Photo Manipulation in Adobe Photoshop CS6

Cara Membuat Manipulasi Foto Air Surreal pada Adobe Photoshop CS6 
Final product image
What You'll Be Creating

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat karya surealis yang menampilkan ikan raksasa yang mencoba menelan bulan.

Pertama, kita akan membangun pemandangan dasar laut dan menambahkan ikan. Setelah itu, kita akan menambahkan bulan, melukis gelembung, dan membuat cipratan air. Kami akan menggunakan beberapa adjustment layer untuk menyelesaikan efek akhir.

Aset Tutorial

Aset berikut digunakan selama produksi tutorial ini:

  • Sky
  • Moon
  • Sea
  • Fish
  • Splash 1
  • Splash 2
  • Splash 3
  • Bubbles

1. Bagaimana Membangun Scene Dasar

Langkah 1

Buat dokumen 2000 x 1289 px baru pada Photoshop dengan pengaturan yang diberikan:

new file

Warna background seharusnya #1a2635.

Langkah 2

Buka gambar langit. Gunakan Rectangular Marquee Tool (M) untuk memilih langit saja, dan tarik ke kanvas utama menggunakan Move Tool (V). Tempatkan di bagian atas.

add sky
Advertisement

Langkah 3

Pergi ke Layer > New Adjustment Layer > Color Balance dan ubah nilai Midtones untuk membuat langit menjadi biru.

sky color balance

Langkah 4

Buat Curves adjustment layer untuk menggelapkan langit.

sky curves

Langkah 5

Pada lapisan langit, klik ikon kedua di bagian bawah panel Layers untuk menambahkan mask ke lapisan ini. Aktifkan Brush Tool (B) dan pilih soft round satu dengan warna hitam. Turunkan Opacity brush menjadi 10-15% untuk mengurangi tekstur awan di bagian atas langit.

sky curves masking
Advertisement

Langkah 6

Buat layer Color Fill dan isi dengan warna #20374c. Pada layer mask ini, gunakan Rectangular Marquee Tool untuk memilih setengah bagian atas kanvas. Ubah latar depan menjadi putih dan tekan Delete untuk mengungkapkan bagian bawah air.

water color fill
water masking

Langkah 7

Buat adjustment layer Curves di atas layer Color Fill untuk menggelapkan air dan mengaturnya sebagai Clipping Mask. Pada layer mask ini, gunakan sikat hitam lembut dengan Opacity sekitar 20-25% untuk mengurangi efek gelap di bagian atas air, karena kami bertujuan untuk menambahkan beberapa cahaya di atas area ini.

water curves

2. Cara Membuat Permukaan Air

Langkah 1

Buka gambar laut dan pilih bagian laut. Tempatkan di bagian tengah kanvas utama, di atas air. Gunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk mengubah bagian laut sedikit.

add sea surface

Tambahkan mask ke layer ini, gunakan sikat hitam lembut untuk menghilangkan bagian tepi yang keras dari latar belakang, dan gunakan sikat hitam keras menengah untuk melukis di bagian bawah permukaan.

surface masking

Langkah 2

Buat layer adjustment Hue / Saturation dan ubah pengaturan Master.

surface hue saturation

Langkah 3

Buat adjustment layer Curves untuk menggelapkan permukaan. Pada layer mask ini, gunakan sikat hitam lembut dengan Opacity sekitar 10-15% untuk mengurangi efek pada kedua sisi air.

surface curves 1

Langkah 4

Buat lapisan adjustment Curves lain dengan tujuan yang sama. Cat pada latar belakang permukaan untuk mengungkapkan beberapa cahaya di sana.

surface curves 2
surface curves 2 masking

Langkah 5

Buat layer baru di atas layer lain dan gunakan brush kecil dengan warna #d5deee untuk mengecat kontur bagian bawah permukaan air.

surface contour

3. Cara Retouch Ikan

Langkah 1

Isolasi ikan dan tambahkan ke kanvas utama. Gunakan Control-T untuk membalikkan kepala dan ekor ke bawah.

add fish

Tambahkan masker ke layer ini dan gunakan sikat hitam menengah-keras untuk menghilangkan bagian ikan yang menutupi bagian bawah permukaan air.

fish masking

Langkah 2

Buat layer adjustment Hue/Saturation untuk desaturate ikan

fish hue saturation

Langkah 3

Tambahkan layer Color Fill dan pilih warna #0861a4. Gunakan lapisan ini untuk menghapus bagian yang lebih tinggi dari ikan yang keluar dari air. Langkah ini adalah membuat bagian bawah ikan berbaur lebih baik dengan air.

fish color fill
fish color fill masking

Langkah 4

Buat layer adjustment Photo Filter dan pilih warna #167fb6. Pada layer mask ini, cat di bagian atas dan bawah kepala ikan untuk mengurangi efek warna di sana.

fish photo filter

Langkah 5

Buat adjustment layer Curves untuk menggelapkan ikan. Gunakan lapisan ini untuk mengurangi efek gelap pada beberapa area ikan: kepala, mulut, dan sirip.

fish curves 1

Langkah 6

Gunakan adjustment layer Curves lain dengan tujuan yang sama, terutama untuk bagian bawah tubuh ikan. Area yang dipilih menunjukkan tempat melukis pada layer mask.

fish curves 2

Langkah 7

Buat layer baru, ubah modenya menjadi Overlay 100%, dan isi dengan 50% abu-abu.

fish DB new layer

Aktifkan Dodge dan Burn Tool (O) dengan Midtones Range dan Exposure sekitar 15-30%. Sorot cat / bayangan pada kepala ikan, sirip, dan detail pada tubuhnya. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasilnya dengan mode Overlay.

fish DB results

Langkah 8

Buat layer baru dan gunakan brush lembut dengan warna #d5deee untuk memperkuat sorotan pada kepala ikan. Ubah mode layer ini ke Overlay 100%.

fish highlight

4. Cara Menambah Bulan

Langkah 1

Potong bulan dan tambahkan di atas mulut ikan. Gunakan Control-T untuk mengubah ukurannya agar lebih kecil dari mulut. Tambahkan masker ke lapisan ini dan gunakan sikat hitam keras untuk menghapus bagian bulan di luar mulut ikan.

add moon

Langkah 2

Buat adjustment layer Color Balance untuk mengubah warna bulan menjadi biru.

moon color balance

Langkah 3

Buat adjustment layer Curves untuk mencerahkan dan mengurangi kontras bulan. Gunakan brush hitam lembut dengan Opacity sekitar 30% untuk mengurangi kecerahan di sisi kanan bulan.

moon curves

Langkah 4

Tambahkan layer baru di atas lapisan lain dan gunakan sikat lembut dengan warna #acafb1 untuk melukis beberapa cahaya bersinar untuk bulan. Ubah layer mode ini ke Soft Light 100%.

moon glowing light

5. Cara Menambah Gelembung

Langkah 1

Tambahkan layer baru di atas layer lain dan gunakan brush lembut dengan warna #acafb1 untuk melukis beberapa cahaya bersinar untuk bulan. Ubah layer mode ini ke Soft Light 100%.

bubbles settings 1
bubbles settings 2
bubbles settings 3

Gunakan sikat ini untuk melukis gelembung-gelembung kecil di sekitar bagian bawah ikan, di bawah permukaan. Tahan [ dan ] untuk mengubah ukuran kuas saat melukis.

paint bubbles

Langkah 2

Tambahkan mask ke layer ini dan gunakan brush hitam yang lembut untuk mengurangi visibilitas gelembung, sehingga membuatnya lebih menyatu dengan air yang gelap.

bubbles masking

Langkah 3

Tambahkan mask ke lapisan ini dan gunakan sikat hitam yang lembut untuk mengurangi visibilitas gelembung, sehingga membuatnya lebih menyatu dengan air yang gelap.

paint bigger bubbles

Langkah 4

Pergi ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur Radius ke 4 px. Langkah ini untuk menambah kedalaman air.

big bubbles gaussian blur

6. Cara Membuat Cipratan Air

Langkah 1

Seret gambar splash 1 untuk menemukan sudut yang Anda inginkan. Anda dapat melihat screenshot di bawah ini untuk mengetahui yang mana yang telah saya pilih. Tempatkan percikan di bawah permukaan air.

add splash 1

Gandakan layer ini untuk membuat splash clearer, dan duplikat lagi dan gerakkan lebih tinggi seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

splash 1 duplication

Langkah 2

Tambahkan mask ke masing-masing lapisan ini untuk menghapus detail yang tidak diinginkan dan membuat efek splash tampak sangat halus, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

splashes 1 masking

Langkah 3

Pilih semua layer splash ini dan tekan Control-G untuk membuat grup untuk mereka. Ubah mode grup ini ke Normal 100% dan gunakan adjustment layer Color Balance untuk memberi warna splash lebih biru.

splashes 1 color balance

Langkah 4

Buka gambar splash 2 dan gunakan Lasso Tool (L) untuk memilih percikan untuk menambahkannya ke area ikan. Gandakan layer ini dan flip secara horizontal (Edit > Transform > Flip Horizontal).

add splashes 2

Ubah mode layer ini ke Screen 70% dan gunakan layer mask untuk menghapus sebagian besar dari tepi yang keras. Kami akan menggunakan beberapa adjustment layer untuk menghapus yang tersisa nantinya.

splashes 2 masking

Langkah 5

Buat grup untuk layer ini dengan mode Layar 100%. Buat adjustment layer Hue/Saturation untuk menghilangkan efeknya.

splashes 2 hue saturation

Langkah 6

Gunakan dua adjustment layer Level untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan dari percikan.

splashes 2 levels 1
splashes 2 levels 2

Langkah 7

Buat adjustment layer Color Balance untuk memberikan warna efek sedikit biru agar sesuai dengan sisa pemandangan.

splashes 2 color balance

Langkah 6

Buka gambar splash 3 dan gunakan Lasso Tool untuk memilih bagian untuk ditambahkan ke area ikan. Ubah layer mode ini ke Screen 100% dan gunakan layer mask untuk menghapus tepi keras di sekitarnya.

add splash 3

Langkah 9

Pilih bagian yang berbeda dari gambar splash 3 untuk menambahkan sekitar ikan. Ubah mode layer ini ke Screen 100% dan tutupi tepi yang tidak diinginkan.

add more splashes 3
splashes 3 masking

Langkah 10

Gunakan adjustment layer Levels untuk menghapus semua sisi yang tersisa.

splashes 3 levels

Langkah 11

Tambahkan adjustment layer Color Balance untuk mengubah warna efek menjadi biru.

splashes 3 color balance

7. Cara Membuat Penyesuaian Akhir

Langkah 1

Kembali ke permukaan laut. Buat layer baru, ubah modenya menjadi Overlay 100%, dan isi dengan 50% abu-abu. Gunakan Dodge dan Burn Tool untuk melukis lebih banyak sorotan / bayangan untuk permukaan air di bawah area bulan di mana ia mendapat cahaya dari bulan.

surface DB

Langkah 2

Buat adjustment layer Curves untuk menggelapkan tepi, terutama bagian bawah air. Cat pada bagian atas sehingga tidak akan digelapkan oleh adjustment layer ini.

whole scene curves 1

Langkah 3

Buat dua adjustment layer Photo Filter dan pilih warna #00d9ec dan #5f86f5.

whole scene photo filter 1
whole scene photo filter 2

Langkah 4

Tambahkan adjustment layer Curves untuk membawa lebih banyak cahaya ke bulan dan area ikan. Gunakan warna hitam lembut untuk menghapus yang lain agar tetap gelap dan kontras.

whole scene curves 2

Selamat, Anda Selesai!

Saya harap Anda menikmati tutorial dan belajar sesuatu yang baru untuk proyek Anda sendiri. Jangan ragu untuk membagikan hasil Anda atau tinggalkan komentar di kotak di bawah ini. Nikmati Photoshopping!

Suka sesuatu yang keren dan menyenangkan? Lihat beberapa tutorial kami di bawah ini:

final result












 Sumber : Cara Membuat Manipulasi Foto Air Surreal pada Adobe Photoshop | Envato Tuts+ (tutsplus.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengatasi ILLEGAL SOFTWARE CorelDraw X7 Dan X8

  Cara Mengatasi ILLEGAL SOFTWARE CorelDraw X7 Dan X8 Goliketrik.com  - Coreldraw adalah salah satu aplikasi desain grafis berbasis vector y...